Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog

Keutamaan Umar Bin Khattab - Tubuhnya yang tinggi tegap sikapnya yang tegas dan keras terhadap kebathilan membuat umar  bin khattab di segani lawan maupun kawan bukan hanya saja dari bangsa manusia bahkan setan saja segan dengan sahabat Nabi yang satu ini saking segan nya setan bertemu umar dia akan menghidar mencari jalan lain bila berjalan berpapasan dengan sayidina Umar Ra seperti yang di kisahkan dalam hadist di bawah ini

Keutamaan Umar Bin Khattab

Keutamaan Umar Bin Khattab

Rasulullah SAW bersabda,

Wahai Ibnul al-Khaththab, demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman tanganNya, sesungguhnya tidaklah setan menemuimu sedang berjalan di suatu jalan kecuali dia akan mencari jalan lain yang tidak engkau lalui.”

Diriwayatkan  dari ‘Aisyah r.a bahwa Rasulullah pernah bersabda,

”Sesungguhnya setan lari ketakutan jika bertemu Umar”

itulah salah satu Keutamaan Umar Bin Khattab yang mungkin  tak ada pada sahabat yang lainnya  sebagai sebuah keistimewaan yang Allah berikan kepada beliau


adapun  Keutamaan Umar Bin Khattab yang ke dua ialah beliau termasuk sahabat  nabi yang di jamin masuk surga bahkan dalam mimpi  Rasullulah Saw Umar Bin Khattab telah di bangunkan sebuah istana di surga sebagai mana hadist yang Diriwayatkan dari Said bin al-Musayyib bahwa Abu Hurairah berkata, ketika kami berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

“Sewaktu tidur aku bermimpi seolah-olah aku sedang berada di surga. Kemudian aku melihat seorang wanita sedang berwudhu di sebuah istana (surga), maka aku pun bertanya, ‘Milik siapakah istana ini?’ Wanita-wanita yang ada di sana menjawab, ‘Milik Umar.’ Lalu aku teringat dengan kecemburuan Umar, aku pun menjauh (tidak memasuki) istana itu.” Umar radhiallahu ‘anhu menangis dan berkata, “Mana mungkin aku akan cemburu kepadamu wahai Rasulullah.”


Subhanallah maka sungguh bodohnya orang orang syiah yang menganggap sahabat yang mulia ini sebagai musuh Allah Swt  padahal dalam banyak hadist Allah Dan rasulnya telah memuliakan sahabat nabi yang satu ini


Keutamaan Umar Bin Khattab yang ke 3 Umar adalah Seorang yang Mendapat Ilham

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya di antara orang-orang sebelum kalian terdapat sejumlah manusia yang mendapat ilham. Apabila salah seorang umatku mendapakannya, maka Umarlah orangnya.

Adapun Keutamaan Umar Bin Khattab yang linnya seperti yang di kisahkan dalam sebuah kisah di bawah ini

 Sariyah bin Zanin Al-Khulaji mengisahkan bahwa ketika Umar bin Khattab R.A menjadi Amirul Mukminin, ia pernah mengutus pasukan islam dibawah kepemimpinannya. Pasuikan itu ditugaskan ke Nawahunda untuk menghadapi pasukan Persia.

Jumlah pasukan Persia jauh lebih besar sehingga hampir saja pasukan muslimin terkalahkan. Pada saat itu Umar bin Khattab R.A sedang berkhutbah di Masjid Nabi di Madinah. Ditengah khutbahnya beliau berteriak dengan lantang diatas mimbar “Hai Pasukan Muslimin, Naiklah keatas gunung”

Seruan itu diperdengarkan oleh Allah kepada pasukan Islam yang sedang bertempur menghadapi musuh. Mendengar seruan itu, maka pasukan muslimin segera naik keatas gunung seraya berkata “ Itu tadi suara Amirul Mukminin, Umar bin Khattab” Akhirnya, kaum muslimin pun dapat bertahan dan mendapatkan kemenangan”

keutamaan umar yang lainya adalah sanggup meredam gempa bumi dengan ijin Allah Swt

 Imam Haramain meriwayatkan bahwa pernah terjadi masa Umar bin Khattab R.A Gempa bumi. Umar bin Khattab R.A bertakbir dan bertahmid sedangkan bumi masih saja bergetar. Setelah umar bertakbir dan bertahmid umar segera memukulkan cemetinya ketanah sambil berkata “ Hai bumi tenanglah kamu Atas Izin Allah”

Seketika itu, bumi pun berhenti bergetar dan kembali tenang

sementara Keutamaan Umar Bin Khattab yang linya insa allah akan saya bahas ldalam postingn selanjutnya

Tag(s) : #islam

Share this post

Repost 0