Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog

Keutamaan Sholat Sunnah TahajudShalat tahajud adalah shalat malam atau qiyamul lail yang di kerjakan setelah shalat isya sampai datangnya shalat subuh
Shalat tahajud sangatlah di anjurkan oleh rasulullah saw karena shalat ini mempunyai beberapa keutamaan dan keutamaan shalat tahajud antara lain sebagai berikut

Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud


1. Dikabulkannya setiap
Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud yang pertama adalah Dikabulkannya Doa-doa sebagai mana di terangkan dalam sebuah hadist di bawah ini
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda. Yang artinya
 “Sesungguhnya Rabb kami yang Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga akhir malam, lalu berfirman ; barangsiapa yang berdoa, maka Aku akan kabulkan, barangsiapa yang memohon, pasti Aku akan perkenankan dan barangsiapa yang meminta ampun, pasti Aku akan mengampuninya”. [Shahih Al-Bukhari, kitab Da’awaat bab Doa Nisfullail 7/149-150]


2. Di angkat Allah ke Derajat yang Terpuji
Keutamaan Sholat Tahajud yang kedua ialah Allah SWT akan mengangkat derajat ke tempat yang terpuji. Sebagai mana hal ini tercantum dalam  Al-Qur’an Surat Al-Isra' ayat 79:

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS A1-Isra [17]: 79).

3. Mencegah Perbuatan Dosa dan Menghapus Kejahatan
Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud yang ke 3 adalah dapat mencegah diri dari perbuatan dosa dan menghapus kejahatan. Ini telah di terangkan dalam Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Umamah Al-Bahli ra, yang berbunyi:

"Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan." (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim)
4. Memperoleh berbagai Kemuliaan
Keutamaan sholat sunnah tahajud yang keempat adalah akan memperoleh berbagai kemuliaan. Dimana hal ini di terangkan dalam sebuah hadis:
"Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat."
Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.


5. akan di jamin Masuk Surga dengan selamat
Keutamaan sholat  tahajud ke-5 adalah mendapat jaminan masuk surga. Ini sesuai dengan keterangan dari sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi:
"Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat". (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi).

 

Tag(s) : #islam

Share this post

Repost 0