Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog

Puasa Sunnah Senin Kamis


Ada cukup banyak di dalam islam tentang puasa sunnah yang di ajarkan oleh Rasulullah saw diantara nya puasa sunnah senin kamis yang akan kita bahas kali ini sementara puasa sunnah lainnya seperti puasa sunnah asy’ra , puasa sunnah syawal dls kita akan bahas dalam postingan selanjutnya ,baik lah sob mari kita bahas tentang puasa sunnah senin kamis
Sesuai namanya Puasa sunnah senin kamis adalah puasa yang di kerjakan pada hari senin dan kamis dalam setiao minggunya , puasa sunnah  senin kamis juga puasa yang paling sering dikerjakan oleh Rasulullah sholallahu Alaihi Wassalam adapun dalilnya sebagai berikut.
 Dari Abu Harrairah Radiallahu Anhu pernah berkata:
Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” Dan ketika Rasulullah ditanya tentang alasnnya, Beliau bersabda “Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan.” Maka Allah pun berfirman “Tangguhkan keduanya.” (HR. Ahmad)


Dalam hadis lain mengenai hakikat kita di anjurkan untuk puasa pada hari senin dan kamis adalah sebagai berikut
 Abu Hurrairah,, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda, yang artinya:
“Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa
.” (HR. Tirmidzi)
Selain itu, dalam sebuah hadist, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam juga bersabda:
Hari itu adalah hari di mana aku dilahirkan, dan di mana aku dijadikan Rasul dan diturunkannya padaku wahyu”. (H.R. Muslim)


Adapun niat puasa senin kamis adalah :


•    “Nawaitu Sauma Yaumal Itsnaii Sunnatan Lillahi Tana’ala” yang artinya “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”
•    “Nawaitu Sauma Yaumal Khomiisi Sunnatan Lillahi Taa’ala” yang artinya “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

 

Tag(s) : #ibadah

Share this post

Repost 0